Jobdesk Financial Advisor di Perusahaan Asuransi, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Financial Advisor di Perusahaan Asuransi, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Financial Advisor di Perusahaan Asuransi, Tugas dan Tanggung Jawab

A.Pengertian Financial Advisor

Financial advisor atau biasa disingkat (FA) berasal dari Bahasa Inggris yang artinya Finance = keuangan, advisor dari kata advice = menasehati atau bisa dibilang advisor adalah penasehat. Jadi secara etimologi Financial Advisor bisa diartikan sebagai penasehat keuangan. Namun secara harfiah, Financial advisor bisa dikatakan seseorang yang memberikan layanan dan informasi serta tata cara terkait urusan keuangan, tidak mencakup hanya pengaturan keuangan saja, tapi juga pendapatan, keuntungan, klaim dan lain lain. Financial advisor merupakan salah satu posisi yang sangat penting hampir di segala perusahaan yang berkaitan dengan jasa layanan keuangan. Salah satu bentuk perusahaan yang memiliki posisi Finacial Advisor (FA) adalah perusahaan asuransi. Jika anda berminat atau berencana mengisi jabatan Financial Advisor di Perusahaan asuransi, ada baiknya anda membaca tugas dan tanggung jawab financial advisor di perusahaan asuransi dibawah ini ;

B. Tugas Financial Advisor

1. Melakukan Penjualan dan Pemasaran Produk Asuransi

Sebenarnya maksud utama dari diposisikannya seorang financial advisor adalah membantu meningkatkan penjualan produk asuransi. Sebenarnya tugas ini sudah dipegang oleh marketing tapi terkadang seorang marketing atau sales yang memahami produk tidak terlalu memahami kondisi keuangan atau pendapatan seorang klien. Hal ini membuat sebuah perusahaan membutuhkan seorang yang bisa meyakinkan konsumen bahwasanya penghasil dan pendapatan mereka sudah cukup untuk menjadi klien asuransi. Jadi bisa dibilang Tugas utama dari financial Advisor adalah menambah keyakinan seorang calon klien asuransi yang telah di follow up (didatangi/ditemui) oleh marketing, atau yang sengaja datang ke kantor untuk menjadi peserta asuransi dengan di jelaskan keuntungan produk asuransi tersebut dari sudut pandang finansial.

2. Melayani komplain dari klien terkait produk asuransi yang telah diambil

Setelah menjadi klien perusahaan asuransi terkadang ada klien yang merasa tidak puas atau dirugikan karena tidak merasakan manfaat sama sekali dari produk asuransi. Pada kondisi ini seorang finansial advisor diharapkan bisa memberikan penjelasan yang sedetail mungkin terkait masalah klien yang melakukan komplain. Hal ini bertujuan agar peserta asuransi tidak pindah ke asuransi lain, atau mengajukan klaim atas premi (istilah untuk setoran asuransi) yang telah dia bayarkan

3. Melayani Klaim dari Peserta Asuransi

Jika terdapat suatu keadaan yang membuat seorang peserta suransi melakukan klaim, seorang financial advisor harus bisa memberikan penerangan terhadap konsumen yang melakukan klaim agar benar-benar memahami proses dan pertanggungan asuransi yang telah dia ambil, sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama, dan mengacu pada polis asuransi yang pernah ditandatangani.

C. Tanggung Jawab Financial Advisor

Dalam melakukan pekerjaannya seorang Financial Advisor di perusahaan asuransi memiliki tanggung jawab sebagai berikut ;
1. Meningkatkan penjualan produk asuransi
2. Memastikan seorang yang telah di follow up oleh marketing menjadi nasabah tetap
3. Memastikan klien/peserta asuransi memahami betul proses, pertanggungan dan layanan asuransi yang diambil
4. memastikan klien yang melakukan komplain atau klaim merasa puas dan tidak dirugikan.

D. Kualifikasi Financial Advisor di Perusahaan Asuransi

Sebagai seorang yang memiliki tanggung jawab terkait klien dan layanan jasa, tentunya diharapkan seorang finansial advisor yang berpenampilan menarik dan mampu meningkatkan citra perusahaan. Kemampuan berkomunikasi yang baik juga sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi ini karena pada kenyataannya seorang financial advisor pastinya akan sangat sering berhubungan baik dengan orang lama maupun orang baru. Jika anda memiliki pengalaman di bidang perbankan dan asuransi, pastinya hal tersebut akan sangat menguntungkan karena untuk mengisi posisi Financial Advisor, biasanya dibutuhkan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang yang sama. Untuk pendidikan minimal jenjang pendidikan yang biasanya dikualifikasikan untuk posisi financial advisor adalah Diploma 3. Tapi tidak menutup kemungkinan jika anda memiliki jenjang pendidikan lebih rendah dengan pengalaman yang luas. Tentu hal itu akan dipertimbangkan.

Itulah penjelasan terkait jobdesk, tugas dan tanggung jawab seorang financial advisor di perusahaan asuransi. jika dirasa bermanfaat silakan dishare artikel ini, jika ada yang kurang atau salah silahkan tambahkan di kolom komentar.

Salam

2 comments for "Jobdesk Financial Advisor di Perusahaan Asuransi, Tugas dan Tanggung Jawab"