Jobdesk Finance Supervisor di Perusahaan Jasa Konstruksi - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Finance Supervisor di Perusahaan Jasa Konstruksi

Jobdesk Finance Supervisor di Perusahaan Jasa Konstruksi

Pengertian Finance Supervisor

Dalam dunia industri apapun, istilah finance yang memiliki arti keuangan, selalu memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan posisi yang berkaitan dengan finance merupakan salah satu pilar yang sangat penting bagi perusahaan untuk menunjang kinerja perusahaan dalam segala aspek. Dalam hal ini, salah satu jabatan yang memegang peranan penting dalam bagian finance adalah supervisor finance. Supervisor Finance adalah seseorang yang bertugas mengawasi dan supervisi posisi dibawahnya di bagian finance yang bertanggung jawab atas kelancaran proses kinerja finance di perusahaan. 

Tugas Finance Supervisor di Perusahaan Konstruksi

1. Membuat Laporan Keuangan

Tugas paling utama dari seorang Finance Supervisor adalah membuat laporan keuangan yang tentunya akan dipertanggungjawabkan oleh dirinya sendiri sebagai supervisor dihadapan manajer finance. Meskipun terdapat admin finance atau data entry yang notabene berada dibawahnya secara hierarki. Tetap saja seorang supervisor finance yang akan mempertanggungjawabkan kinerja bawahannya tersebut dihadapan atasannya. Karena itu diharapkan seorang supervisor finance mengawasi dan menjamin kualitas kerja bawahannya terutama pada bagian laporan keuangan.

2. Melakukan Kontrol Finance

Selain bertugas mengontrol anak buahnya, seorang supervisor finance juga bertugas dalam pengelolaan budgeting dan forecasting dengan berinteraksi secara sinergis dengan divisi-divisi lain yang terkait di dalamnya.

3. Melakukan Fungsi Accounting

Meskipun menjabat sebagai supervisor finance, tetap saja erat kaitannya dengan akuntansi, maka dari itu salah satu tugas supervisor finance di perusahaan Jasa Konstruksi adalah melakukan fungsi akunting seperti membuat invoice, merealisasikan utang piutang, dan membuat laporan keuangan.

4. Melakukan Treasury Function

Jika anda belum memahami maksud dari treasury function, bisa diartikan treasury function ini segala kinerja yang berkaitan dengan petty cash (kas kecil perusahaan), kasir, perbankan dan pembayaran lainnya.

5. Melakukan Tax Function

Salah satu tugas lainnya yang tidak kalah penting bagi seorang supervisor Finance di perusahaan Jasa Konstruksi adalah melakukan tax function yang meliputi perencanaan keuangan dan laporan keuangan. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa secara manajemen, kinerja accounting sepenuhnya dipertanggungjawabkan oleh seorang supervisor dan ditandatangani oleh manajer.

Tanggung Jawab Finance Supervisor

Dalam kerjanya, seorang supervisor finance bertanggung jawab untuk ;
1. Memastikan laporan keuangan tersedia
2. Memastikan kinerja para admin dan pegawai lain yang secara hierarki berada dibawahnya benar benar terkordinir dengan baik.
3. Memastikan pendataan terkait informasi finance lainnya seperti, invoice, account receivable dan account payable, serta petty cash dan lain-lain tersedia dengan baik.
4. Memastikan divisi finance yang dipimpin berkontribusi dengan baik terhadap perusahaan.

Kualifikasi Supervisor Finance

Dalam proses rekrutmen untuk posisi Supervisor Finance di perusahaan jasa konstruksi, biasanya dibutuhkan kandidat dengan pendidikan minimum Diploma atau Sarjana dari jurusan akuntansi atau pajak, serta memiliki pengalaman di dunia konstruksi. Diharapkan seorang Supervisor Finance memiliki pemahaman yang baik mengenai perpajakan. Dalam kerjanya akan sangat menguntungkan jika anda adalah seorang yang menyenangi hitungan dan siap bekerja dibawah deadline dan target, serta memiliki jiwa kepemimpinan. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi contohnya adalah PT Jangkar Mandiri Propertindo, Pt. Harjaguna Kurnia Mitra, PT. Grand Kartech, PT. SSI Schaefer, dan lain-lain.

Berikut itulah sedikit informasi mengenai jobdesk, tugas dan tanggung jawab supervisor finance di perusahaan jasa konstruksi. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan di share, dan jika dirasa terdapat kekurangan atau kesalahan silakan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

Post a Comment for "Jobdesk Finance Supervisor di Perusahaan Jasa Konstruksi"