Jobdesk Marketing Executive di Perusahaan Engineering, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Marketing Executive di Perusahaan Engineering, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Marketing Executive di Perusahaan Engineering, Tugas dan Tanggung Jawab

Pengertian Marketing Executive

Untuk kesekian kalinya membahas marketing Executive, perlu ditekankan lagi bahwa seorang marketing berbeda dengan sales. Marketing dalam hal ini bertugas untuk memasarkan, mencari klien dan memperkenalkan produk, berbeda dengan sales yang bertugas menjual produk. Seorang Marketing merupakan ujung tombak dari segala perusahaan karena berkat kinerja seorang marketing perusahaan bisa terus berdiri. Jika pemasaran sebuah perusahaan buruk, maka dipastikan usia perusahaan itu pun tidak akan bisa bertahan lama. Karena itulah di setiap perusahaan, benefit bagi seorang marketing bisa dibilang selalu luar biasa, jauh dari posisi lainnya. Tapi entah kenapa banyak yang tidak berani untuk mengambil langkah dan memulai karir sebagai seorang marketing. Salah satu ranah yang menggunakan posisi marketing dalam perusahaan adalah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, baik itu distribusi produk, maupun jasa instalasi dan konstruksi. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan seorang marketing executive yang sangat memahami medan dan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kondisi dunia konstruksi dan engineering yang bisa dibilang "lebih keras" dibanding dunia industri lainnya.

Tugas Marketing Executive

1. Mencari Peluang untuk memasarkan produk perusahaan

Mencari peluang pemasaran, mencari para calon klien yang prospektif dan memiliki kemungkinan besar untuk menjadi pembeli atau pengguna jasa/produk yang ditawarkan. Dalam hal ini seorang marketing Executive harus benar-benar mampu melihat peluang sekecil apapun agar senantiasa mencapai target penjualan. Dikarenakan yang menjadi klien engineering biasanya adalah perusahaan, maka seorang marketing executive di bidang engineering akan sangat sering berkoordinasi dengan pihak engineering perusahaan atau dengan prihak purchasing perusahaan.

2. mengembangkan dan merealisasikan rencana penjualan dan targetnya

Disetiap harinya seorang marketing executive harus selalu berpikir untuk melakukan pengembangan jaringan di pasar. Hal ini direalisasikan dengan cara membuat perencanaan yang meliput, akan kemana, siapa, untuk apa, bagaimana, dan lain-lain. Tugas inipun kemudian dibagi-bagi (bekerja sama dengan para sales) untuk bisa menjangkau wilayah yang ditargetkan dan benar-benar bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

3. Menjelaskan segala hal terkait produk yang dipasarkan

Jika seorang marketing executive menemukan seorang klien yang prospektif dan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menjadi konsumen, maka seorang marketing executive dituntut untuk bisa membuat si calon klien tersebut benar-benar memahami

4. Mencari informasi terkait pesaing yang menjual produk yang sama

Jika terdapat pesaing yang melakukan penawaran di saat yang sama, seorang marketing executive harus bisa melakukan sampling untuk membuat penawaran harga dan mencari tahu kenapa perbedaan harga tersebut bisa terjadi, kemudian dia harus melakukan analisa dan membuat laporan agar perusahaan bisa bersaing dengan baik di pasaran.

5. Melakukan Penawaran Harga dan Negosiasi dengan Klien

Jika seorang marketing executive telah mendapatkan calon konsumen, maka dilakukan pengajuan penawaran harga terhadap PIC (Person In Charge) dari perusahaan yang membeli, melakukan negosiasi dan kepastian tanggal jadi. Serta memastikan barang atau jasa yang dipesan klien bisa tiba tepat waktu. 

Kualifikasi Marketing Executive di Perusahaan Engineering

Untuk menjadi seorang marketing executive sebenarnya tidak diperlukan pendidikan yang terlalu spesifik, tapi dikarenakan bidang yang dijalani adalah bidang engineering, tentunya diperlukan pengetahuan dan skill yang memadai untuk memasarkan produk yang segmented seperti itu. Biasanya yang dicari oleh perusahaan engineering untuk menjadi marketing executive adalah kandidat dengan pendidikan di bidang engineering dengan jenjang Sarjana Engineering atau Sarjana Teknik. Jika anda bukan sarjana teknik, tapi memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang teknik, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan untuk anda. Untuk karakteristk, bagaimana dasarnya seorang marketing, karakter yang supel, mudah bergaul dan memiliki komunikasi yang baik akan sangat menguntungkan bagi penilaian terhadap kandidat. Apalagi jika ditunjang dengan bentuk fisik yang baik pula. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai Jobdesk, Tugas dan Tanggung Jawab seorang marketing executive di perusahaan engineering. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan di-share dengan akun sosial media anda, Jika terdapat kesalahan dan kekurangan, silakan di posting di kolom komentar.

Salam

4 comments for "Jobdesk Marketing Executive di Perusahaan Engineering, Tugas dan Tanggung Jawab"

  1. Nice Artikel!

    Cuma menurut saya, hal- hal yang disebutkan diatas merupakan jobdesk dari Sales Executive kali ya.

    Jobdesk dari Marketing Executive adalah: Berhubungan dengan Vendor, membuat Promosi, Membuat kebijakan harga, membuat Analisa pasar, membuat Analisa resiko.

    Sedangkan tugas dari Sales Executive adalah sebagai ujung tombak, yaitu melakukan penjualan,dan memanage klien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas Eki Hidayat, terima kasih banyak atas masukannya.

      Buat rekan rekan yang sedang mencari informasi mengenai Jobdesk Marketing Executive di perusahaan engineering, masukan dari Mas Eki ini sangat bagus untuk rekomendasi anda semua.

      Salam Sukses

      Delete
  2. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Salam silahturahim buat semuanya dan semoga kita dijauhkan dari wabah corona / covid-19.

    Pesan singkat ini disampaikan oleh:
    Yayasan Sosial Sabilillah An Nahdliyah
    Panti Asuhan Yatim Piatu Dhuafa
    Website : https://yayasansabilillah.org/

    Silahkan bagi semuanya yang mau berdonasi hubungi : 087881340060

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas ilmunya semoga bisa bermanfaat.

    ReplyDelete