Jobdesk Accounting & Tax Assistant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Accounting & Tax Assistant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Accounting & Tax Assistant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

A. Pengertian Accounting & Tax Serta Peranan Assistant Manager Dalam Posisi Tersebut

Di dalam dunia kerja, selalu ada posisi dan jabatan yang jelas supaya integrasi pekerjaan bisa terlaksana dengan baik. Di semua bagian, selalu ada posisi dan hirarki seperti misalnya dalam bagian akunting yang akan kita bahas ini. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda sedikit penjelasan mengenai jobdesk, tugas dan tanggung jawab dari seorang accounting & tax assistant manager. Tapi sebelumnya sudahkah anda memahami arti dari accounting dan tax itu sendiri?

Perlu anda tahu, accounting berasal dari kata account yang merupakan perubahan dari count dan berasal dari bahasa Inggris. Kata ini memiliki arti menghitung. Kurang lebih accounting adalah bagian yang mengurusi segala penghitungan perusahaan dari mulai produksi, keuangan, stok, dan lain lain. Jadi kata accounting ini tidak hanya disematkan pada bagian keuangan saja. Sedangkan kata Tax juga masih berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti pajak. Staff accounting & Tax bisa diartikan satu posisi dalam perusahaan yang bertugas menangani penghitungan keuangan perusahaan dan pajak yang menjadi tanggung jawab dari perusahaan. Sedangkan Assistant Manager ini memiliki tugas yang cukup signifikan yakni membantu seorang manager accounting dan tax dalam melaksanakan tugasnya.

B. Tugas Accounting & Tax Assitant Manager

Dalam kesehariannya di perusahaan, seorang accounting & tax manager memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan seorang wakil manager, hanya saja assistant seperti ini tidak memiliki kapasitas sebagai decision maker di dalam perusahaan khususnya di bagian akunting. Dia hanya memiliki kapasitas sebagai kepanjangan tangan dari seorang manajer supaya pekerjaan terlaksana dengan baik. Jika dijabarkan lebih lanjut, inilah beberapa tugas accounting & tax assistant manager :

1. Melakukan tugas tugas seorang accounting dan tax serta memastikan SOP perusahaan dilaksanakan dengan baik.

Sebagai seorang asiten manager akunting dan pajak, tugas utama dari Accounting & Tax Assistant Manager adalah mengerjakan tugas tugas terkait akuntansi dan pajak yang dibebankan kepadanya oleh seorang manager. Seorang staff accounting & tax memang tidak memiliki kapasitas untuk membuat keputusan, tapi memiliki wewenang untuk melakukan pengecekan terhadap kinerja akuntansi dan pajak di perusahaan tempat dia bekerja.

2. Melakukan koordinasi dengan bawahan dan memastikan kinerja akunting di perusahaan dilaksanakan dengan baik dan memenuhi target serta ekspektasi perusahaan.

Selain melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya, seorang accounting & tax manager juga memiliki tugas untuk melakukan koordinasi dengan staff akunting dan staff pajak yang berada di dalam perusahaannya. Dia bertugas melakukan pengecekan dan evaluasi terhadap kinerja akunting dan memastikan SOP perusahaan terlaksana dengan baik dan tidak terkendala oleh apapun.

3. Membuat Laporan SPT Tahunan dan pribadi dengan baik serta bisa dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya tugas accounting & tax assistant manager adalah membantu manager dalam melakukan pembuatan Laporan SPT Tahunan dan pribadi serta memastikan kalau laporan tersebut sudah benar benar akurat, valid, dan bisa dipertanggungjawabkan.

4. Melakukan pengecekan laporan pajak bulanan dan melaporkannya kepada manager.

Karena berhubungan dengan Tax alias pajak, seorang accounting & tax assistant manager juga bertugas untuk melakukan pengecekan laporan pajak bulanan yang dibuat oleh divisi accounting dan memastikan kalau data data dalam laporan pajak bulanan tersebut sudah benar/

5. Mengecek laporan keuangan dan melakukan validasi sebelum menyerahkannya kepada manager.

Terakhir, seorang accounting & tax assistant manager juga bertugas untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan perusahaan dan memastikan informasinya sesuai dengan kondisi lapangan serta bisa dipertanggungjawabkan.

C. Tanggung Jawab Accounting & Tax Assistant Manager

Berdasarkan tugas tugasnya di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau Tanggung Jawab seorang Accounting & Tax Assistant Manager adalah ;

1. Memastikan tugasnya sebagai bagian dari accounting dan tax terlaksana dengan baik
2. Memastikan SOP perusahaan dilaksanakan dengan baik
3. Memastikan keberadaan Laporan SPT Tahunan terlaksana dengan baik.
4. Memastikan Laporan Pajak bulanan perusahaan sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.
5. Memastikan koordinasi dengan para staff akunting terlaksana dengan baik dan memastikan kondisi kerja berjalan dengan kondusif.
6. Memastikan laporan keuangan yang akan diberikan pada manajemen sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.

D. Kualifikasi Accounting & Tax Assistant Manager

Agar pekerjaannya terlaksana dengan maksimal biasanya perusahaan mencari seorang asisten manajer akunting dan pajak dengan kualifikasi sebagai berikut ;

1. Memiliki background pendidikan S1 Akuntansi
2. Memiliki kemampuan akuntansi yang bagus
3. Memiliki pengetahuan yang baik tentang pajak
4. Memiliki kemampuan mengoperasikan software akuntansi.
5. Memiliki Sertifikat Brevet A & B lebih diutamakan.
6. Memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi dan pajak minimal 3 tahun
7. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
8. Memiliki kemampuan untuk memimpin.
9. Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah.
10. Ulet dan pekerja keras, bersedia bekerja di bawah tekanan.

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami paparkan mengenai apa saja yang berkaitan dengan jobdesk, tugas dan tanggung jawab seorang accounting & tax assistant manager di sebuah perusahaan. Jika artikel ini bermanfaat silakan di share kepada rekan rekan anda yang membutuhkan. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan, silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Salam.

Post a Comment for "Jobdesk Accounting & Tax Assistant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab"