Jobdesk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab

Dari sekian banyak jabatan yang ada di industri manufaktur, operator CNC merupakan salah satu yang terpenting. jobdesk operator CNC ini tentu sangat beragam karena mengoperasikan sebuah mesin canggih dengan algoritma komputer khusus.

Untuk menguasai pengoperasian mesin CNC ini diperlukan pelatihan khusus dan pengalaman. Pasalnya mesin satu ini dioperasikan dengan metode numerik atau angka. Angka-angka tersebut kemudian dikonversi oleh komputer menjadi bentuk perintah yang menghasilkan bentuk khusus pada media yang sedang diproses. 

Secara sederhana, Kita bisa mengartikan mesin CNC ini sebagai mesin pembentuk. Dengan menggunakan mesin CNC Anda bisa mengubah media apapun menjadi bentuk yang diinginkan, sesuai dengan desain yang dimasukkan pada komputer dan diproses oleh mesin.

Di perusahaan manufaktur sendiri, peran mesin CNC ini sangatlah besar. Soalnya ada banyak bentuk khusus yang diperlukan demi kelancaran sebuah produksi. Contohnya di perusahaan otomotif, Mesin CNC ini digunakan untuk pembuatan ornamen mesin, baut, perkakas, dan lain sebagainya.

Pengertian Mesin CNC

Sebelum kita membahas jobdesk operator CNC lebih jauh, Ada baiknya kalau anda memahami terlebih dahulu apa itu mesin CNC. CNC merupakan singkatan dari computer numerical control, Jadi mesin CNC bisa kita Artikan sebagai mesin yang dioperasikan atau dikontrol dengan menggunakan angka numerik via komputer.

Mengenai metode numerik ini mungkin tidak akan kita bahas lebih jauh. Namun pada dasarnya seorang operator CNC harus melakukan setting terlebih dahulu kepada mesin, agar mesin CNC menghasilkan bentuk sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mesin CNC biasanya digunakan sebagai media bubut atau bentuk terhadap besi, aluminium, seng, dan berbagai media lainnya. Bentuk yang dihasilkan juga sangat detail dan rumit.Semakin tinggi skill tukang setting mesin CNC, akan semakin besar juga Hasil produk yang dihasilkan oleh mesin satu ini.

Tugas Operator CNC

Hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah tugas operator CNC secara detail. Karena kita bicara tugas operator di pabrik, Jadi pembahasannya kan sedikit yang luas agar anda benar-benar paham bagaimana kinerja seorang operator CNC dari sejak datang hingga pulang kerja.

1. Melakukan Senam Pagi

Karena mesin CNC banyak digunakan di perusahaan otomotif, biasanya operator diwajibkan untuk melakukan senam pagi yang bertujuan sebagai bentuk peregangan terhadap otot-otot tubuh. Biasanya rutinitas ini dilakukan oleh perusahaan asal Jepang

Meskipun begitu ada juga beberapa perusahaan yang tidak menerapkan metode senam tersebut. Mereka cenderung mempercayakan masalah peregangan pada operator masing-masing. Yang penting pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya.

2. Mengikuti Briefing

Setelah selesai melakukan senam atau peregangan, Tugas operator CNC selanjutnya adalah melakukan briefing. Biasanya briefing ini dilakukan bersama lawan sip atau sip yang bekerja sebelum operator yang baru masuk.

Jadi kalau Anda masuk pagi, Anda diharuskan briefing dulu dengan operator yang masuk malam. Briefing ini biasanya dipimpin oleh leader operator di masing-masing grup. Di dalamnya akan dibahas pengoperasian mesin, kendala, target, dan berbagai hal penting lainnya.

Karena itu seorang operator diwajibkan hadir 30 menit sebelum jam jam kerja dimulai. Tujuannya agar mereka tidak Ketinggalan informasi penting terkait pengoperasian mesin atau pekerjaan yang harus dilakukan pada hari tersebut.

3. Melihat WPS dan Target

Setelah selesai melakukan briefing, seorang operator diwajibkan untuk melihat WPS terlebih dahulu. WPS ini adalah Work Plan Sheet atau bisa diartikan sebagai perencanaan kerja pada hari tersebut. Di dalam WPS ini biasanya tercantum juga perihal target dan berbagai informasi penting lainnya.

Keberadaan WPS ini adalah sebagai pelengkap dari hasil briefing yang sudah dilakukan oleh seorang operator CNC sebelumnya. Jadi pada proses kinerja yang dilakukan, Operator akan mengacu kepada WPS tersebut bilamana mereka lupa akan hasil briefing tadi pagi.

4. Menyesuaikan Kinerja Mesin Dengan Target

Tugas operator CNC selanjutnya adalah menyesuaikan kinerja mesin dengan target yang tercantum pada WPS. Jadi semakin tinggi targetnya akan semakin cepat juga kerja mesin yang mereka operasikan. 

Sebaliknya kalau target senang minimal, kecepatan mesin tentu akan diminimalkan juga. Bahkan kalau kondisi order memang sedang tidak ada, perusahaan akan mewajibkan operator untuk mematikan beberapa mesin sekaligus.

Intinya memahami hasil briefing dan isi dari WPS merupakan poin penting yang wajib dipahami oleh operator. Kalau mereka salah dalam memahami ini tentu kinerja mereka juga tidak akan sesuai dengan ekspektasi dari perusahaan. Ini akan berdampak pada hasil penilaian dan bonus yang akan didapat operator.

5. Mengoperasikan Mesin CNC

Setelah poin-poin diatas dipahami oleh seorang operator CNC, jobdesk mereka selanjutnya adalah  mengoperasikan mesin CNC sesuai dengan pengaturan yang sudah dipilih. Dalam mengoperasikan mesin CNC proses pertama yang harus dilakukan adalah setting.

Biasanya proses setting ini dilakukan oleh operator CNC yang sudah senior dan memahami algoritma numerik mesin CNC dengan baik. Untuk operator yang masih baru biasanya hanya tinggal menjalankan saja dan meneruskan kinerja mesin dari shift yang sudah pulang.

Namun Kalau anda sudah lama mengoperasikan mesin CNC, Anda juga pasti akan bisa melakukan setting dan mengoperasikan mesin satu ini. Yang terpenting adalah ketelitian saat melakukan setting. Soalnya mesin CNC memang digunakan untuk mencetak bentuk yang benar-benar detail dan presisi.

6. Berkonsultasi Kepada Senior (setter)

Bilamana terjadi stop order karena datang Orde Baru, Mesin CNC akan disetting bulan. Apabila seorang operator CNC menemukan momentum seperti ini, Biasanya mereka diwajibkan untuk berkonsultasi kepada operator senior atau para setter.

Para Setter ini akan melakukan Setting ulang pada mesin CNC yang anda perlukan sehingga hasil bubut atau bentukan mesin sesuai dengan produk baru yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Jangan main-main dalam proses setting ini karena bisa menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan jika terjadi kesalahan.

7. Membuat Laporan Hasil Kerja

Setelah operator CNC selesai melakukan pekerjaannya, mereka juga bertugas untuk membuat laporan hasil kerja pada hari tersebut. Laporan ini nantinya akan ditandatangani oleh empat orang masing-masing bersama lihatnya dan diberikan kepada supervisor atau manajer di departemen produksi.

Biasanya di dalam laporan ini di Tuliskan berapa jumlah produk yang berhasil diproduksi, Detail dan spesifikasi mesin yang digunakan, serta siapa nama operator yang mengoperasikan mesinnya. Laporan ini akan menjadi bentuk pertanggungjawaban anda bilamana terjadi kesalahan kedepannya.

8. Berbagi Informasi Dengan Shift Lain

Setelah Laporan selesai dibuat, Operator CNC diwajibkan untuk melakukan briefing atau berbagi informasi dengan shift operator lain yang akan masuk. Biasanya Hal ini dilakukan pada saat pulang kerja. 

Sampaikan informasi detail terkait mesin dan proses produksi kepada operator yang akan masuk agar mereka bisa melakukan proses pengerjaan dengan maksimal. Biasanya dalam Proses penyampaian ini anda akan ditemani oleh leader masing-masing dari setiap grup kerja.

9. Membersihkan Mesin dan Lingkungan Kerja

Selain poin-poin yang sudah kami jelaskan di atas, Tugas operator CNC selanjutnya adalah menjaga kebersihan mesin dan lingkungan kerja yang mereka tempati. Biasanya beberapa menit sebelum jam pulang datang, Operator diwajibkan untuk melakukan bersih-bersih terlebih dahulu.

Tujuannya tentu saja untuk menjaga kualitas hasil produksi dan keawetan mesin yang dioperasikan setiap hari ini. Kalau proses bersih-bersih ini sudah selesai, barulah para operator diperbolehkan untuk pulang.,

Tanggung Jawab Operator CNC

Berdasarkan beberapa tugas utama yang sudah kami jelaskan sebelumnya pada paragraf di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau tanggung jawab operator CNC di sebuah perusahaan adalah sebagai berikut.

  1. Memastikan diri untuk melakukan peregangan (stretching) untuk menghindari kram.
  2. Memastikan proses briefing diikuti hingga selesai
  3. Memastikan diri untuk melihat WPS dan target kerja
  4. Memastikan pengoperasian mesin sudah sesuai dengan target perusahaan
  5. Mengoperasikan mesin CNC sesuai dengan SOP
  6. Memastikan komunikasi dengan senior terjalin dengan baik.
  7. Memastikan laporan hasil kerja dibuat sesuai fakta.
  8. Memastikan terjadinya transfer informasi dengan shift lain.
  9. Memastikan kebersihan mesin dan lingkungan kerja terjaga dengan baik.
  10. Menjaga keamanan dan keselamatan kerja sesama pegawai.

Tentunya seluruh tanggung jawab diatas harus dipenuhi oleh operator CNC yang bekerja. Tujuannya agar standar keselamatan kerja terlaksana dengan baik dan target perusahaan bisa dicapai.

Jenis Mesin yang Menggunakan Sistem CNC

Mengenal tugas dan tanggung jawab operator CNC di atas, Perlu dipahami juga beberapa jenis mesin yang biasanya menggunakan sistem computer numerical control (CNC) dalam proses pengoperasiannya. Apa saja? Berikut ini daftar lengkapnya.

  • EDM 
  • Mesin bor
  • Mesin Milling
  • Mesin bubut
  • CNC pengukir kayu
  • Mesin pembengkok kawat
  • Turret punch
  • Oxy-fuel
  • Pemotong plasma
  • Pemotong foam kawat panas
  • Pemotong laser
  • Pemotong jet air
  • Penghalus permukaan
  • Grinder silindris

Tentunya masih banyak mesin lain yang menggunakan sistem CNC, Hanya saja beberapa nama mesin di atas merupakan mesin yang paling umum menggunakan sistem dalam pengoperasiannya setiap hari.

Kualifikasi Operator Mesin CNC

Untuk menjadi seorang operator CNC, kualifikasi yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu tinggi. Berikut ini penjelasannya secara lebih detail.

  • Biasanya laki-laki, namun perempuan juga bisa masuk sesuai kebijakan perusahaan masing-masing.
  • Memiliki Pendidikan Minimal SMA/SMK sederajat
  • Memiliki pengalaman mengoperasikan mesin CNC dan mampu melakukan setting mesin dengan baik. (Dibuktikan dengan paklaring pada saat melamar kerja).
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 (mesin CNC biasanya tinggi karenanya dibutuhkan operator dengan postur tinggi juga)
  • Memiliki badan yang sehat
  • Tidak pernah terjerat kasus kriminal

Skill Khusus Yang Dibutuhkan

Adapun mengenai skill khusus yang dibutuhkan ,seorang operator CNC biasanya diharuskan memiliki tingkat fokus yang tinggi untuk menjaga kualitas barang yang dihasilkan. Kemudian karena berhubungan dengan teknik perhitungan yang detail, Seorang operator CNC biasanya harus memiliki kemampuan berhitung yang baik.

Di samping itu operator CNC juga harus menguasai teknik pengukuran dengan alat ukur mikro seperti caliper, micrometer, dan lain sebagainya. Karena kebanyakan mesin CNC di-setting di tempat tinggi, biasanya operator CNC harus memiliki kemampuan berdiri jangka panjang.

Jarang sekali ada mesin CNC yang dioperasikan dengan posisi duduk. Berarti kalau seorang operator bekerja selama 1 shift normal atau 7 jam perhari, Mereka akan berdiri selama kurang lebih jangka waktu tersebut pada saat mengoperasikan mesin.

Gaji Operator CNC

Untuk gaji operator CNC sendiri biasanya disamakan dengan gaji operator yang lainnya. Biasanya gaji ini disesuaikan dengan UMK di wilayah kerja masing-masing. Di wilayah Karawang atau Bekasi, seorang operator CNC bisa mendapatkan gaji pokok di kisaran 5 hingga 6 juta setiap bulannya.

Namun jika jam lembur sedang banyak, Gaji operator CNC ini bisa mencapai lebih dari 10 juta perbulan. Tak heran kalau kemudian posisi satu ini banyak diincar oleh mereka yang sedang mencari kerja.

Bagi rekan-rekan yang merasa ada kesalahan di dalam artikel Jobdesk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab ini atau ingin menambahkan informasi penting lainnya, silahkan ditulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat!!

 

Salam Sukses!!!!


Post a Comment for " Jobdesk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab"