Jobdesk Payroll Accountant, Tugas dan tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Payroll Accountant, Tugas dan tanggung Jawab

Jobdesk Payroll Accountant, Tugas dan tanggung Jawab


Dari sekian banyak posisi sentral di perusahaan, Tugas Payroll Accountant merupakan salah satunya. Posisi satu ini memegang peranan penting di dalam divisi keuangan di perusahaan. Tentunya dibutuhkan kandidat yang benar-benar kredibel untuk mengisi posisi satu ini.

Pengertian Payroll Accountant?

Payroll Accountant berasal dari bahasa Inggris. Payroll b\bisa kita artikan sebagai divisi penggajian. Sedangkan accountant adalah akunting. Jika kita artikan secara harfiah, Payroll accountant adalah posisi yang bertugas untuk mengatur pengelolaan penggajian di dalam sebuah perusahaan.

Akuntan penggajian ini bertanggung jawab atas operasi penggajian dalam organisasi perusahaan. Mereka yang menjabat posisi satu ini biasanya melapor kepada Direktur Keuangan. Ini merupakan salah satu bukti kalau posisi Payroll Accountant memang sangat krusial

Apa yang Dilakukan Payroll Accountant?

Payroll Accountant menyiapkan laporan gaji karyawan dan memproses slip gaji. Mereka memelihara file penggajian dan membuat laporan setiap bulannya. Payroll Accountant juga harus memastikan kalau semua prosedur penggajian sejalan dengan undang-undang dan kebijakan pemerintah.

Tanggung Jawab Payroll Accountant

  • Menghitung gaji bersih, pemotongan, dan pemotongan
  • Memperbarui file penggajian dan buku besar
  • Menyelesaikan masalah penggajian (mis. pembayaran terlambat)
  • Pastikan dokumen penggajian dan pajak akurat
  • Menyiapkan file akuntansi, catatan, dan jadwal
  • Memantau cuti berbayar dan tidak berbayar
  • Memproses penghasilan lembur atau potongan liburan
  • Menyelesaikan masalah penggajian (misalnya, hari libur bank yang terlewatkan, pembayaran yang terlambat, dll.)
  • menjawab semua pertanyaan karyawan tentang penggajian
  • Ikut berpartisipasi dalam audit penggajian
  • Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang pemerintah tentang akuntansi penggajian dan pajak

 

Ringkasan Pekerjaan Payroll Accountant

Setiap harinya Payroll Accountant melakukan pengelolaan dan mengeluarkan pembayaran gaji karyawan. Tentunya setelah dilakukan pertimbangkan pemotongan sesuai dengan kondisi dan regulasi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Seorang payroll accountant juga akan menyiapkan jadwal dan catatan penggajian. Mereka juga akan berkontribusi pada berbagai tugas akuntansi, seperti memperbarui file penggajian. Untuk bisa berhasil menjalankan posisi satu ini, tentu saja Anda harus memiliki keterampilan matematika yang kuat.

Disamping itu seorang kandidat payroll accountant juga harus memiliki pengetahuan tentang undang-undang nasional dan regional tentang penggajian dan pajak. Jika Anda memenuhi kriteria ini, tentu saja anda memiliki peluang besar untuk mengisi posisi payroll accountant.


Kualifikasi Payroll Accountant

  • Sebagian besar akuntan penggajian memiliki gelar di bidang Keuangan, Akuntansi, atau bidang serupa. 
  • Payroll Accountant biasanya juga memiliki sertifikasi penggajian, seperti Certified Payroll Professional. 
  • Berpengalaman sebelumnya sebagai akuntan penggajian atau dalam peran serupa
  • Memahami peraturan lokal dan pemerintah tentang penggajian
  • Pengetahuan yang sangat baik tentang MS Office, terutama Excel
  • Kemampuan komputasi yang hebat
  • Perhatian terhadap detail
  • Sertifikasi nasional yang valid (misalnya Sertifikasi Penggajian Fundamental)
  • Gelar di bidang Akuntansi, Keuangan, atau bidang yang relevan

Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai tugas Payroll Accountant. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Jobdesk Payroll Accountant, Tugas dan tanggung Jawab"