Jobdesk Account Coordinator di Perusahaan, Tugas dan Tanggung Jawab
Jobdesk Account Coordinator tentu sangat krusial di dalam sebuah perusahaan. Umumnya posisi satu ini memiliki kontribusi yang besar terhadap tim periklanan, pemasaran, atau PR perusahaan. Account Coordinator sendiri merupakan posisi tingkat awal
Tugas utama dari posisi satu ini adalah memberikan dukungan administratif dan kreatif kepada manajer proyek. Dia mengoordinasikan penjadwalan, menangani kegiatan promosi, memastikan kepuasan klien, membantu penyelesaian proyek, dan melakukan berbagai tugas yang diberikan oleh atasannya.
Tugas Account Coordinator
Tugas utama Account Coordinator adalah untuk "mengkoordinasikan" akun baru atau yang sudah ada. Mereka juga bertugas untuk memastikan kepuasan klien. Caranya adalah dengan mengoptimalkan pendapatan dan mendorong pertumbuhan akun itu sendiri.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang Account Coordinator melakukan pertemuan secara langsung dengan para klien dan rutin berbicara kepada mereka. Jadi para klien diberikan pengetahuan terkait pembaruan produk, ide pemasaran, dukungan teknis, dan laporan terkait akun lainnya.
Account Coordinator juga bertanggung jawab untuk membuat daftar, pelacakan media, melakukan panggilan lapangan, mengoordinasikan pengiriman surat, menjadwalkan promosi, merakit kit pers, dan aktivitas manajemen atau proyek lainnya.
Sebagai posisi junior, Account Coordinator akun bekerja di bawah pimpinan proyek dan manajer akun. Mereka membantu dalam brainstorming untuk ide-ide proyek, membuat rencana kerja untuk memenuhi tenggat waktu proyek, membantu dalam mengelola hubungan vendor, mengoordinasikan logistik acara, dan dapat berfungsi sebagai penghubung untuk tim akun.
Sebagian besar koordinator bertanggung jawab untuk menulis, menyalin, mengoreksi, dan menerbitkan materi untuk materi offline dan online. Beberapa koordinator akun dapat mewakili tim atau perusahaan di acara industri, konferensi, dan pertemuan terkait pekerjaan lainnya. Di perusahaan yang lebih kecil, mereka dapat diberi tugas administratif bila diperlukan.
Kualifikasi Pendidikan Account Coordinator
Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, Anda harus memiliki gelar Sarjana (S1) dalam bidang bisnis, hubungan masyarakat, pemasaran, atau bidang studi terkait lainnya. Beberapa perusahaan juga mematok pengalaman setidaknya 1 tahun di bidang terkait. Sangat disukai jika kandidat pernah terjun langsung di lapangan
Tetapi karena ini adalah posisi tingkat pemula, anda tidak perlu merasa tidak percaya diri. Sebagian besar perusahaan memberikan pelatihan bagi lulusan baru atau karyawan baru di posisi Account Coordinator ini.
Kemampuan Account Coordinator
Untuk menjadi sukses dalam menjalankan pekerjaan satu ini, kandidat Account Coordinator dituntut untuk memiliki beberapa keterampilan khusus. Diantaranya adalah :
- Berorientasi pada detail
- Kreatif
- Memiliki kepribadian tangguh
- Memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang sangat baik.
- Memiliki keterampilan interpersonal
- Memiliki keterampilan organisasi dan manajemen waktu
- Memiliki keterampilan komputer dasar
- Memiliki keterampilan pemasaran
- Memiliki keterampilan layanan pelanggan yang efektif
- Memiliki jiwa yang kompetitif, optimis, dan ambisius.
Jika anda mampu untuk memenuhi semua ekspektasi perusahaan di atas, maka jangan ragu untuk segera melamar posisi Account Coordinator tersebut sekarang juga.
Penting untuk dipahami kalau Account Coordinator akun bekerja di lingkungan kantor dengan koordinator lainnya. Mereka dibawahi langsung oleh manajer akun dan profesional lainnya. Account Coordinator harus fleksibel untuk memenuhi tenggat waktu dan bekerja berjam-jam
Tidak jarang mereka juga harus tetap bekerja pada hari libur dan akhir pekan. Account Coordinator juga harus dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan dan menangani klien. Namun hal ini sebanding dengan gaji mereka yang berada di kisaran 8 hingga 10 juta rupiah per bulannya.
Post a Comment for " Jobdesk Account Coordinator di Perusahaan, Tugas dan Tanggung Jawab"