Jobdesk Accounting Assistant, Tugas dan Tanggung Jawab
Accounting Assistant merupakan salah satu posisi yang memiliki peranan krusial di perusahaan apapun. Posisi tersebut berada di dalam departemen finance atau akunting. Seorang Accounting Assistant bertugas untuk memberikan dukungan penuh terhadap departemen Akuntansi.
Sudah tentu ada banyak sekali tugas yang mereka jalankan. Diantaranya adalah dengan melakukan tugas-tugas klerikal, memproses dan mencatat transaksi keuangan, menyiapkan laporan dan anggaran, menjalin komunikasi dengan klien dan vendor, pengecekan fakta, pengarsipan, dan tugas lainnya.
Tugas Accounting Assistant Sehari-Hari
Dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, tentu saja ada banyak sekali tugas Asisten Akunting di perusahaan. Umumnya perusahaan menginginkan sosok yang bisa bekerja secara multitasking dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
Seorang Accounting Assistant juga wajib memiliki kemampuan manajemen waktu yang akurat. Bukan tanpa alasan, ada banyak sekali tugas harian yang harus dilakukan oleh posisi satu ini. diantaranya adalah :
- Melakukan proses entri data
- Melakukan pemrosesan dan pencatatan transaksi
- Memperbarui buku besar perusahaan
- Membantu audit atau pengecekan fakta keuangan perusahaan
- Menyiapkan anggaran dan laporan.
Selain deretan pekerjaan di atas, seorang Accounting Assistant diharapkan untuk selalu bersikap teliti, akurat, dan jujur. Tentunya perusahaan juga menginginkan sosok dengan keterampilan pembukuan yang baik.
Di sisi lain, Anda juga harus memiliki pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar Akuntansi serta mair dalam mengoperasikan komputer. Khususnya dalam pengoperasian software akuntansi seperti MS Excel atau Quickbooks.
Tanggung Jawab Accounting Assistant
Selain deretan tugas yang sudah kami jelaskan di atas, tentu ada tanggung jawab besar yang harus ditanggung oleh seorang asisten akunting. Berikut ini deretan tanggung jawab yang harus mereka lakukan setiap harinya :
- Memberikan dukungan kepada Departemen Akuntansi.
- Melakukan tugas-tugas kantor dasar, seperti pengarsipan, entri data, menjawab telepon, memproses surat, dan lain-lain.
- Menangani komunikasi dengan klien dan vendor melalui telepon, email, dan tatap muka.
- Memproses transaksi, menerbitkan cek, dan memperbarui buku besar, anggaran, dll.
- Menyiapkan laporan keuangan.
- Membantu proses audit, pemeriksaan fakta, dan menyelesaikan permasalahan selisih di lapangan
Menanggung tanggung jawab seperti di atas tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Karenanya perusahaan menerapkan kualifikasi atau persyaratan yang sangat ketat dalam proses penerimaan sosok Accounting Assistant ini.
Persyaratan / Kualifikasi Accounting Assistant
Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, ada banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang kandidat Accounting Assistant. Agar memudahkan Anda dalam memenuhi kriteria tersebut, kami sudah merangkumnya pada poin-poin di bawah ini.
- Memiliki gelar S1 di bidang finance atau bisnis
- Memiliki pengalaman kerja di bidang yang berkaitan minimal 1 tahun
- Memiliki sertifikasi atau lisensi tambahan akan menjadi nilai tambah
- Mahir dalam mengoperasikan komputer dan perangkat lunak pembukuan
- Memiliki keterampilan mengetik yang baik
- Mampu melakukan manajemen waktu yang tepat
- Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis.
- Familiar dengan prinsip dasar akuntansi.
- Mampu bekerja secara profesional dan memiliki kode etik yang kuat.
- Mampu untuk bekerja secara multitasking
- Memiliki motivasi yang kuat dan selalu berpikir positif.
- Memiliki komitmen untuk bekerja secara efisien dan akurat.
Jika Anda berencana untuk menjadi seorang Accounting Assistant, tentu deretan poin di atas wajib untuk dipahami seluruhnya. Memenuhi semua persyaratan di atas juga membuka peluang Anda untuk diterima jauh lebih besar lagi.
Post a Comment for "Jobdesk Accounting Assistant, Tugas dan Tanggung Jawab"