Jobdesk Budget Manager di Perusahan, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Budget Manager di Perusahan, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Budget Manager di Perusahan, Tugas dan Tanggung Jawab


Jobdesk Budget Manager memang cukup kompleks. Mereka yang mengisi posisi satu ini akan bertanggung jawab dalam pengelolaan dan persiapan anggaran, alokasi, dan pengeluaran anggaran. 

Budget Manajer biasanya dibutuhkan oleh perusahaan ritel, penyedia produk atau layanan jasa, rumah sakit, instansi pemerintahan, atau jenis perusahaan lainnya. Di perusahaan sendiri, seorang budget Manager memiliki peranan yang sangat krusial.

Tugas Budget Manager

Tugas utama dari seorang budget manajer adalah menentukan batasan pengeluaran perusahaan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan semua proses keuangan sehingga menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar di masa depan.

Selain tugas utama tersebut, ada juga jenis tugas lain yang harus diemban oleh seorang Budget Manager ini. Tentunya tugas lain dari posisi satu ini tidak kalah penting. Berikut ini deretan Jobdesk Budget Manager tersebut :

  • Menentukan alokasi anggaran perusahaan
  • Mengelola anggaran tahunan
  • Berpartisipasi dalam diskusi anggaran.
  • Menyiapkan laporan anggaran yang relevan untuk setiap departemen di perusahaan.
  • Mengumpulkan dan menganalisis catatan akuntansi perusahaan.
  • Meneliti masalah manajemen keuangan dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut.
  • Menanggapi pertanyaan terkait masalah anggaran.
  • Menentukan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk melaksanakan program perusahaan
  • Menganalisis anggaran departemen untuk mengontrol pengeluaran.
  • Melakukan penyusunan laporan anggaran.
  • Berkonsultasi dengan manajer lain untuk memastikan perubahan anggaran diterapkan sesuai ekspektasi perusahaan.
  • Mengajukan rekomendasi untuk disetujui atau ditolaknya permohonan pendanaan.
  • Menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pendapatan.
  • Memastikan bahwa anggaran dijalankan sesuai dengan praktik akuntansi yang berlaku umum.
  • Mematuhi undang-undang yang berlaku di Indonesia dalam pengaturan anggaran perusahaan.
  • Menganalisis tren yang mempengaruhi pengeluaran dan menyesuaikan anggaran dengan tren tersebut.
  • Memeriksa akurasi anggaran
  • Menganalisis kesesuaian anggaran perusahaan terhadap peraturan pemerintah.
  • Melakukan analisis biaya-manfaat pada semua program keuangan perusahaan.
  • Mencocokkan alokasi dengan program program perusahaan
  • Memberikan persetujuan terhadap penyaluran dana darurat perusahaan
  • Memberikan bantuan teknis dengan analisis biaya.
  • Berkomunikasi dengan manajemen tentang masalah anggaran di berbagai departemen perusahaan.
  • Mengawasi pembelian dan pengelolaan hibah.
  • Meninjau semua amandemen anggaran, rencana strategis dan ukuran kinerja.
  • Menerapkan dan mengelola kebijakan dan prosedur anggaran.
  • Memonitor pendapatan.
  • Membuat prediksi pendapatan berdasarkan data ekonomi terkini.
  • Melakukan presentasi analisis anggaran di hadapan pimpinan organisasi.
  • Menghasilkan penjelasan anggaran menggunakan spreadsheet dan ilustrasi grafis.

Seperti sudah kami ungkap sebelumnya, tugas seorang Budget Manager ini benar-benar sangat kompleks. Tidak mudah untuk menempati posisi satu ini jika anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni.

Tanggung Jawab Budget Manager

Jobdesk Budget Manager - Selain tugas di atas, tentu saja ada tanggung jawab yang diemban oleh seorang Budget Manager. Tanggung jawab utama dari posisi satu ini adalah memastikan kalau pengelolaan budget atau dana perusahaan dilakukan dengan baik.

Tentunya dalam melakukan pengelolaan dana perusahaan tersebut seorang budget manager akan dibantu oleh para staff dan tim lainnya. Tujuannya agar anggaran perusahaan bisa direalisasikan dengan baik sesuai ekspektasi perusahaan

Skill Budget Manager

Jobdesk Budget Manager - Selain tugas dan tanggung jawab Budget Manager yang sudah kami jelaskan di atas, tentunya seorang Budget Manager juga harus memiliki skill yang mumpuni dalam bidang pengelolaan dana dan sektor penting lainnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa merujuk pada poin-poin berikut ini.

  • Memiliki keterampilan matematika yang luar biasa.
  • Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik.
  • Memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik.
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik
  • Memiliki pemahaman yang baik terhadap software anggaran dan keuangan perusahaan.
  • Memiliki kemampuan analitis yang unggul.
  • Memiliki daya nalar dan analisis yang yang baik
  • Memiliki kemampuan multitasking dan bersedia mengerjakan beberapa proyek berbeda secara bersamaan.
  • Memiliki pemahaman yang jelas tentang praktik akuntansi perusahaan.

Kemampuan di atas merupakan kemampuan wajib bagi seorang Budget Manager di perusahaan. Selain itu, tentunya perusahaan juga memiliki kriteria budget manager yang tepat dari segi pendidikan. Poin ini juga tidak kalah penting untuk anda penuhi.

Kualifikasi Pendidikan dan Pengalaman Budget Manager

Jobdesk Budget Manager - Bagi anda yang berencana untuk menjadi seorang budget manager, ada beberapa kualifikasi pendidikan yang tidak kalah wajib untuk dipenuhi. Berikut ini deretan kualifikasi dari sudut pandang pendidikan tersebut :

  • Memiliki gelar sarjana di bidang Keuangan, Akuntansi, Bisnis, Administrasi Publik atau bidang terkait lainnya.
  • Memiliki gelar master di bidang Administrasi Bisnis atau Ekonomi.
  • Memiliki pengalaman setidaknya 5 tahun di departemen keuangan.
  • Memiliki Sertifikasi Profesional Penganggaran Perusahaan

Jika anda bisa memenuhi semua kualifikasi di atas, tentu saja peluang untuk mengisi posisi sebagai Budget Manager akan semakin terbuka lebar. 

Sebagai seorang Budget Manager, tentu saja anda harus memahami bagaimana kondisi lingkungan kerja yang akan dihadapi nantinya. Seorang Budget Manager akan lebih sering menghabiskan waktu di kantor pribadi atau ruang kantor bersama.

Jam kerja dari Budget Manager adalah jam reguler. Senin sampai Jumat. Mulai pukul 08:00 sampai dengan pukul 17:00. Biasanya seorang Budget Manager harus bersedia bekerja hingga malam hari atau akhir pekan selama periode tertentu untuk menyelesaikan permasalahan anggaran perusahaan..


Post a Comment for "Jobdesk Budget Manager di Perusahan, Tugas dan Tanggung Jawab"