Jobdesk Credit Manager, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Credit Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Credit Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Credit Manager adalah salah satu posisi yang paling krusial di perusahaan. Terlebih lagi jika kita bicara perusahaan Financial dan perusahaan layanan keuangan lainnya. Posisi tersebut merupakan salah satu pencetus utama keberadaan standar kredit dari konsumen terhadap perusahaan.

Karenanya untuk mengisi posisi satu ini diperlukan sosok yang benar-benar memahami dunia finansial itu sendiri. Khususnya pada sektor yang mereka geluti. Credit manager sendiri merupakan salah satu posisi yang tinggi di perusahaan finansial.

Namun tentu saja dibalik posisi yang tinggi tersebut ada berbagai resiko loss atau kerugian yang harus dihadapi. Pada dasarnya Credit Manajer bertugas untuk meningkatkan kelancaran pembayaran konsumen terhadap kreditnya di perusahaan.

Pengertian Credit Manager 

Posisi kredit manajer sendiri berasal dari bahasa Inggris di mana credit artinya pinjaman atau cicilan. Sedangkan Manager artinya pengatur atau posisi yang mengatur. 

Jika diartikan secara sederhana, Credit Manager adalah posisi di perusahaan yang bertugas untuk mengelola dan mengatur standarisasi kredit dari konsumen terhadap perusahaan. Dengan tujuan agar pembayaran konsumen tersebut jauh lebih lancar. 

Saat ini hampir semua perusahaan finansial membutuhkan posisi Credit Manager. Tidak hanya pemahaman secara teori saja, seorang Credit Manajer juga harus memahami kondisi di lapangan dengan baik. Karenanya hanya mereka yang memiliki pengalaman saja yang pas untuk mengisi posisi tersebut. 

Tugas Utama Credit Manager 

Sebagaimana polisi lainnya, pasti ada tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang Credit Manager setiap harinya. Berikut ini tugas-tugas tersebut 

1. Melakukan riset dan evaluasi terhadap kelayakan kredit dari konsumen 

Ketika konsumen mengajukan permohonan kredit, mereka pasti memiliki kualifikasi masing-masing. Credit Manager bertugas untuk memantau pengecekan terhadap kelayakan kredit dari konsumen tersebut oleh para stafnya 

Jadi diusahakan hanya konsumen yang memenuhi persyaratan saja yang diberikan peluang untuk mendapatkan kredit. Tidak hanya itu saja, seorang Credit Manajer juga harus melakukan inovasi agar proses pengecekan kredit bisa berjalan dengan lebih cepat. Tujuannya agar konsumen tidak menunggu lama.

2. Membuat model penilaian kredit untuk memprediksi resiko 

Selain melakukan riset dan evaluasi terhadap kelayakan kredit konsumen, ternyata seorang Credit Manajer juga bertugas untuk membuat model penilaian kredit untuk memprediksi resiko gagal bayar dari konsumen. 

Tentu saja untuk membuat model skoring kredit ini dibutuhkan analisis yang mendalam terlebih dahulu terhadap kondisi di lapangan dan kondisi konsumen itu sendiri. Umumnya dalam pembuatan model scoring ini seorang manajer akan melibatkan dan divisi penagihan atau collection.

3. Memberikan keputusan ACC atau tidaknya permohonan kredit konsumen

Tugas terakhir dari seorang Credit Manager adalah menolak atau menerima pengajuan kredit yang diajukan oleh konsumen. Tentu saja keputusan ini harus berdasar pada kredibilitas dan peluang keuntungan yang bisa didapat dari konsumen itu sendiri.

Karena itulah model skoring kredit harus dibuat sejak awal. Umumnya satu manajer dengan manajer yang lain memiliki standarisasi skor kredit yang berbeda. Jadi setiap kali terjadi pergantian manajer, maka akan muncul standarisasi scoring yang baru.

Tanggung Jawab Credit Manager

Sebagaimana posisi lain di perusahaan, tentu saja Credit Manager ini memiliki tanggung jawab. Tidak sedikit, ada banyak sekali tanggung jawab yang diemban oleh seorang Credit Manager setiap harinya. Langsung saja simak poin-poinnya di bawah ini

  • Memastikan penelitian dan evaluasi kelayakan kredit konsumen berjalan dengan baik
  • Membuat model penilaian kredit untuk memprediksi risiko
  • Menyetujui atau menolak permintaan pinjaman, berdasarkan kredibilitas dan potensi pendapatan dan kerugian.
  • Menghitung dan menetapkan suku bunga perusahaan
  • Melakukan negosiasi persyaratan pinjaman dengan konsumen
  • Memantau kelancaran pembayaran konsumen
  • Menjaga dan mengelola catatan aplikasi pinjaman
  • Menindaklanjuti penyelesaian utang dan pembaruan pinjaman klien
  • Memastikan semua prosedur peminjaman sesuai dengan peraturan
  • Mengembangkan, meninjau, dan memperbarui kebijakan kredit perusahaan

Kualifikasi Credit Manager

Bagi anda yang berencana untuk mengisi posisi Credit Manager, tentu saja ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Berikut ini deretan kualifikasi seorang manajer yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Manajer Kredit, Analis Kredit atau peran serupa
  • Memiliki pengalaman langsung dalam mengoperasikan perangkat lunak akuntansi
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang prosedur pinjaman
  • Memiliki kemampuan analitis yang sangat baik
  • Memiliki kemampuan untuk membuat dan memproses spreadsheet keuangan (misalnya di Excel)
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik
  • Memiliki Gelar Sarjana di bidang Akuntansi, Ekonomi, Perbankan dan Keuangan atau bidang yang relevan

Umumnya seseorang Credit Manager diberikan gaji di atas rata-rata UMK. Namun untuk mengisi posisi tersebut Anda harus memiliki kredibilitas yang memadai agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Karenanya pahami tugas dari manajer yang sudah kami jelaskan di atas agar anda lebih berpeluang untuk diterima di posisi tersebut.


Post a Comment for "Jobdesk Credit Manager, Tugas dan Tanggung Jawab"