Jobdesk Billing Manager, Tugas dan Tanggung Jawab - JOBDESK CHAMBERS
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jobdesk Billing Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Billing Manager, Tugas dan Tanggung Jawab


Billing Manager atau Manajer Penagihan adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola semua aktivitas dan staf dalam fungsi penagihan. Mereka mengawasi pengembangan kebijakan dan prosedur yang memastikan faktur pelanggan yang akurat dan tepat waktu.

Tanggung Jawab Billing Manager

Sebagaimana posisi lain yang ada di perusahaan, tentu saja ada tanggung jawab besar yang harus diemban oleh seorang Billing Manager. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ada 3 tanggung jawab utama yang dimiliki oleh posisi satu ini. Diantaranya adalah :

  • Memastikan rekonsiliasi akun penagihan ke buku besar berjalan dengan lancar
  • Berinteraksi dengan departemen piutang, kredit/tagihan, dan pembelian klien
  • Memastikan keakuratan faktur untuk perusahaan dan pelanggannya

Ringkasan Pekerjaan Billing Manager

Setiap harinya, seorang Billing Manager akan melakukan pengelolaan dan pemantauan terhadap tim. . Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa pelanggan ditagih dengan jumlah yang benar dan mampu melakukan pembayaran tepat waktu.

Seorang Billing Manager juga harus bisa bekerja sama dengan pelanggan untuk menyelesaikan masalah penagihan. Kemudian mereka juga bekerja sama dengan Departemen Akuntansi untuk memastikan semua akun klien diperbarui. Terakhir Billing Manager juga harus membantu pelatihan karyawan baru di departemen penagihan.

Pada akhirnya, mereka yang mengisi posisi satu ini akan bekerja secara langsung dengan pelanggan untuk memastikan semua tagihan berjalan dengan akurat. Tentu saja dalam prosesnya, mereka bersama dengan departemen lain di perusahaan sesuai kebutuhan.

Tugas Billing Manager di Perusahaan

Jika kita bicara tugas utama dari seorang Billing Manager, tentu saja ranah kerjanya sangat luas. Ada beberapa tugas utama yang harus diemban oleh posisi satu ini untuk memastikan operasional perusahaan berjalan dengan lancar. Berikut ini tugas-tugas tersebut.

  • Mengawasi penyusunan laporan dan tagihan
  • Memelihara dan/atau memastikan pemeliharaan catatan klien terkait dengan faktur dan pembayaran tagihan
  • Meninjau pekerjaan staf penagihan untuk memastikan akurasi, menyelesaikan inkonsistensi sesuai kebutuhan
  • Membuat daftar klien yang diprioritaskan untuk ditagihkan ke anggota tim
  • Membantu mencari klien yang sulit dijangkau di lapangan
  • Membuat konsep dan mendistribusikan laporan mingguan tentang metrik faktur dan penagihan
  • Memberi tahu staf tentang parameter hukum yang tepat untuk praktik pengumpulan tagihan
  • Memberikan dukungan kepada pelanggan terkait perselisihan atau pertanyaan tentang faktur atau proses penagihan

Persyaratan dan Keterampilan Billing Manager

Karena peranannya yang sangat krusial di perusahaan, tentu saja ada persyaratan dan kualifikasi khusus yang harus dimiliki oleh seorang calon Billing Manager. Berikut ini beberapa kualifikasi yang wajib dimiliki oleh posisi tersebut.

  • Pengalaman kerja yang terbukti sebagai Manajer Penagihan atau peran serupa
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik
  • Mahir dalam Microsoft Office Suite atau perangkat lunak terkait
  • Pemahaman dasar tentang praktik dan hukum pengumpulan
  • Keterampilan interpersonal dan pengawasan yang sangat baik
  • Kemampuan untuk bertindak dengan kebijaksanaan, kebijaksanaan, dan profesionalisme dalam segala situasi
  • Pelatihan dan/atau sertifikasi yang relevan sebagai Manajer Penagihan

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang dilakukan Billing Manager?

Billing Manager adalah posisi bertanggung jawab untuk menjaga pembukuan perusahaan dalam urutan yang sempurna. Mereka bekerja dengan supervisor untuk memastikan bahwa semua operasi yang terkait dengan faktur dan pembayaran berjalan tanpa hambatan, yang memastikan kelancaran arus kas di seluruh perusahaan mereka.

2. Apa tugas dan tanggung jawab Manajer Penagihan?

Manajer Penagihan memiliki banyak tanggung jawab, seperti merencanakan penagihan, piutang, dan operasi penagihan suatu departemen.

3. Bagaimana Kriteria Manajer Penagihan yang baik?

Manajer Penagihan yang baik harus memiliki perhatian yang sangat baik terhadap detail karena mereka perlu mengelola beberapa akun sekaligus.

4. Dengan siapa Manajer Penagihan bekerja?

Manajer Penagihan akan bekerja dengan banyak profesional, seperti Akuntan, untuk memahami keterlambatan klien dalam penagihan dan cara mendekati pelanggan sesuai kebutuhan.

Post a Comment for "Jobdesk Billing Manager, Tugas dan Tanggung Jawab "